Definis Web Science, Sejarah dan Arsitektur Web

  1. Definisi web science

Sebelum kita mengetahui pengertian dari web science, terlebih dahulu kita mengetahui arti dari tiap-tiap kata yang ada, yaitu web dan science. Web sendiri memiliki artian sebuah halaman yang memiliki data teks, gambar, dan informasi lainnya yang saling terhubung menjadi satu kesatuan nyang saling berkaitan yang membentuk jaringan halaman (hyperlink). Web sendiri terdapat pada jaringan online atau biasa kita sebut jaringan internet. Lalu kita akan membahas arti dari kata kedua yaitu science. Science atau sains adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau ilmu pasti, jadi segala pengetahuan yang sudah daat dibuktikan kebenarannya juga bisa sebagai science itu sendiri.

Lalu jika kita telah mengetahui pengertian dari masing-masing kata peyusunnya, maka dapat disimpulkan bahwa web science adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

  1. Sejarah web

Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

  1. Arsitektur web

Jika kita mendengar kata arsitektur maka yang terbayang adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan desain dan perencanaan sebuah gedung. Begitu pula kata arsitektur yang ada pada web, jadi arsitektur web dapat diartikan sebagai suatu pendekatan yang berhubungan dengan desain dan perencanaan sebuah web. Selain itu arsitektur web juga memiliki kriteria yang kompleks oleh karena itu memerlukan pertimbangan khusus dalam content web, koordinasi, dan rencana bisnis, web desain, kegunaan fungsionalitas, struktur informasi serta interaktivitas estetika. Selain itu, web arsitektur mempunyai potensi yag digunakan sebagai disiplin intelektual untuk mengatur konten web.

Sedangkan untuk pengembangan tahap perencanaan, manajemen, konten web, dan desain datang dalam berbagai metode desain web seperti desain tradisional, aspek konsistensi, keteguhan dan kesenangan. Oleh karena itu, dalam setiap konten yang akan dipublikasikan tersebut dapat memandu arsitektur situs web, seperti yang diterapkan secara fisik dalam web arsitektur dan prinsip – prinsip desain lainnya. Dalam menyelidiki estetika dan teori kritis serta kecenderungan ini, web arsitektur dapat mempercepat dengan cara pengenalan web semantic dan web 2.0. Kedua ide ini menekankan aspek visual dan structural dari konten dKedua ide ini menekankan aspek visual dan struktural dari konten dalam suatu situs web. Di dalam web arsitektur terdapat istilah Strukturalisme. Strukturalisme merupakan bagian penting dalam arsitektur web yaitu pendekatan metodologis yang mempengaruhi disiplin teoritis seperti estetika, teori kritis dan postmodernisme yang mempunyai disiplin seperti yang disebutkan pada kemudi dari setiap pembuatan situs web kemudian melibatkan user generated content, dan memberikan bimbingan kepada arsitek web untuk penataan yang tepat dari setiap informasi untuk digunakan sebagai kenyamanan dan kepuasan browser tersebut.

  • Bagian dari Arsitektur Web :
  1. Hypertext Transfer Protocol ( HTTP )
  2. WWW ( World Wide Web )
  3. URL ( Universal Resource Locator )
  4. XML ( Extensible Markup Language )
  5. JavaScrip
  6. AJAX
  • Beberapa Aplikasi Utamanya :
  1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)adalah Sebuah protokol jaringan yang protocol aplikasinya digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dddan sudah menggunakan hipermedia.
  2. HTML (Hyper Text Markup Language)adalah sebuah bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web Browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
  3. Web browseradalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
  4. Internetadalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain.
  5. User Generated Contentadalah Singkat dari UGC, yang dikenal juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created content (UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk umum, yang diproduksi oleh end-user. Kemajuan teknologi web memungkinkan konten website tidak lagi dimonopoli oleh pengelola, melainkan dapat dibuat oleh para penggunanya. UGC merupakan salah satu ciri dominan Web 2.0. MediaWiki adalah salah satu contoh aplikasi web yang menyediakan fitur UGC.
  6. Blog adalah singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
  7. Wiki adalah Sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu, dan lain-lainnya.

Sumber            :

http://57412627ug.blogspot.com/2014/03/pengantar-atau-pendahuluan-tentang-web.html

https://niamoraa.wordpress.com/2014/03/20/web-science-sejarah-web-dan-arsitektur-web/

http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html

http://www.kamusbesar.com/14842/ilmu

http://www.kamusbesar.com/39062/pengetahuan

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

Tinggalkan komentar