Kiat-Kiat Dalam Menghargai Waktu

Bagi kita waktu adalah sesuatu hal yang sangat penting dan tidak bisa diulangi atau dimundurkan lagi. Oleh karena itu muncul sebuah ungkapan yang mungkin sudah sering sekali kita mendengarnya, yaitu “waktu adalah uang”. Ungkapan ini menurut saya sangat menggambarkan betapa pentingnya waktu bagi kita dan jangan lah sekali-kali kita tidak menghargai atau melalaikan waktu tersebut.

Menghargai waktu erat kaitannya dengan disiplin. Dimana dengan disiplin maka kita akan bisa melakukan sesuatu dengan sangat baik dan tidak ada sesuatu hal yang tak berguna yang kita laksanakan. Hal mudahnya adalah jika disiplin untuk bangun pagi maka tidak sulit bagi kita untuk bisa bersekolah atau berangkat kuliah secara tepat waktu. Memang untuk menumbuhkan disiplin itu sendiri yang sangat sulit. Untuk menumbuhkan sikap disiplin tersebut menurut penulis erat kaitannya dengan niat dan kesungguhan dari masing-masing individu. Jika kita ingin sukses maka kita harus disiplin didalam segala hal.

Kembali lagi ke hal menghargai waktu, salah satu contohnya adalah bagaimana kita bisa datang kesekolah atau kampus tepat waktu. Menurut pengalaman penulis yang harus diperhatikan adalah kita harus niat untuk bisa bangun pagi dan juga untuk menumbuhkan sikap kalau kita telat maka kita yang akan merugi, dan buanglah sikap bahwa kita sudah senior bebas saja untuk datang kapan saja.

Dengan menghargai waktu untuk tidak telat kekampus maka kita bisa mendapatkan manfaat yang banyak. Yang pertama kita bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan lebih banyak dari pada teman kita yang telat. Lalu yang kedua adalah kita menjadi tidak terburu-buru didalam perjalanan menuju ke kampus, jika terburu-buru mungkin kita bisa celaka dan kurang berhati-hati di perjalanan. Lalu jika kita datang terlambat sebenernya kita lah yang paling merugi, karena kita kuliah sudah bayar mahal tetapi kita tidak maksimal mendapatkan ilmu yang diberikan oleh bapak/ibu dosen dikampus.

Kita menghargai waktu yang kedua adalah jika kita mendapatkan tugas dari dosen maka kita harus tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut atau bisa juga kita sudah mengerjakan tugas tersebut sebelum waktu tenggat pengumpulan tugas tersebuut. Yang sudah-sudah jika kita diberikan tugas maka kita akan mengerjakan dengan model SKS atau Sistem Kebut Semalam. Jika kita adalah individu yang menghargai waktu maka buanglah jauh-jauh model pemikiran SKS tersebut. Lebih baik kita mengerjakan tugas lebih awal karena jika ada tugas yang lainnya kita tidak akan mengalamai penumpukan tugas. Selain itu dengan mengerjakan tugas lebih awal kita bisa melakukan kembali pnegecekan tugas kita apakah masih ada kesalahan atau tidak. Tetapi jika kita menggunakan model “SKS” belum tentu kita bisa mengecek kembali tugas tersebut. Dengan mengecek tugas tersebut maka kita bisa mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Dengan nilai yang bagus maka tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan nilai yang bagus pada berkas nilai IPK kita.

Ketiga  adalah sikap menghargai waktu yang paling sering dilanggar oleh anak muda, yaitu sikap menghargai waktu jika kita ingin melaksanakan kerja kelompok. Sering sekali kita melalaikan hal tersebut dengan dalih “sama teman sendiri santai saa” atau “yaa palingan dia juga telat”. Sebaikanya jika kita memiliki pemikiran tersebut lebih baik kita buang saja pemikiran tersebut. Sebenarnya ada manfaat jika kita datang tepat, yaitu kita bisa efektif melaksanakan atau mengerjakan tugas kelompok. Dengan datang tepat waktu maka mengerjakan tugas kelompok akan lebih cepat diselesaikan. Dibandingkan jika kita telat maka seluruh rencana kerja kelompok akan terganggu semuanya.

Penutup dari saya adalah jika kita ingin menghargai waktu adalah dimulai dari diri sendiri. Dengan menumbuhkan sikap disiplin terhadap waktu. Walaupun menurut kita itu merupakan sesuatu hal yang sulit tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk bisa berubah. Yang terpenting adalah kuatkan niat didalam hati kalian untuk kita bisa berubah menjadi probadi yang disiplin dan bisa menghargai waktu. Dengan disiplin dan menghargai waktu bukan tidak mungkin kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi orang yang sukses. Demikian pendapat dari saya, elbih kurang mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tinggalkan komentar