Analisis Website Pemerintahan, Media Sosial Dan Pendidikan

Web Pemerintahan

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai analisis dari sebuah website pemerintahan. Sebelum itu, kita harus tahu apa itu website pemerintahan. website pemerintahan adalah sejeis corporate website namun yang dimiliki oleh institusi pemerintahan. Isinya mengenai dunia birokrasi dan kemajuan-kemajuan yang sudah dilakukan oleh institusi tersbut. Contoh dari website pemerintahan adalah www.mpr.go.id , www.dpr.go.id , www.ristek.go.id , dan masih banyak lainnya. Salah satu tanda web tersebut tergolong ke dalam pemerintahan adalah dengan melihat domain nya, yaitu menggunakan domain go.id .

Adapun website pemerintahan memiliki beberapa fungsi, diantaranya fungsi G2C (Government to Citizen) dimana fungsi tersebut pemerintah dapat memberikan informasi kepada masyarakat secara real time selama 24 jam melalui internet dengan menggunakan web tersebut.Lalu ada juga fungsi G2B (Government to Bussines) yang melakukan fungsi pelayanan kepada kalangan bisnis dan yang terakhir adalah G2G (Government to Government) yang melakukan fungsi pelayanan internal antar lembaga pemerintahan.

Menurut panduan dari KOMINFO maka isi minimal pada setiap situs web pemerintah daerah adalah

1)    Selayang Pandang

Menjelaskan secara singkat tentang keberadaan Pemerintah Daerah bersangkutan (sejarah, motto daerah, lambang dan arti lambang, lokasi dalam bentuk peta, visi dan misi).

2)    Pemerintahan Daerah

Menjelaskan struktur organisasi yang ada di Pemerintah Daerah bersangkutan (eksekutif, legislatif) beserta nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah. Jika memungkinkan biodata dari Pimpinan Daerah ditampilkan agar masyarakat luas mengetahuinya.

3)    Geografi

Menjelaskan antara lain tentang keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim, sosial dan ekonomi, budaya dari daerah bersangkutan. Semua data dalam bentuk numeris atau statistik harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.

4)    Peta Wilayah dan Sumberdaya

Menyajikan batas administrasi wilayah dalam bentuk peta wilayah (sebaiknya digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional – Bakosurtanal

5)    Peraturan/Kebijakan Daerah

Menjelaskan Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan. Melalui situs web pemerintah daerah inilah semua Perda yang telah dikeluarkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.

6)    Buku Tamu

Tempat untuk menerima masukan dari pengguna situs web pemerintah daerah bersangkutan.

Dari referensi yang diperoleh, dinyatakan bahwa dalam suatu pengembangan website ada beberapa tingkatan seperti dijelaskan berikut ini, yaitu :

– Fase pertama, merupakan fase penampilan website (web presence) yang berisi informasi dasar yang dibutuhkan masyarakat.

– Fase kedua, merupakan fase interaksi yaitu isi informasi yang ditampilkan lebih bervariasi, seperti fasilitas mengunduh dan komunikasi e-mail dalam website pemerintah.

– Fase ketiga, tahap transaksi berupa penerapan aplikasi/formulir untuk secara online mulai diterapkan.

– Fase empat adalah tingkat Pemanfaatan yang berisi Pembuatan aplikasi untuk pelayanan yang bersifat Government to Government (G2G), Government to Business (G2B), dan Government to Citizen (G2C).

Pengukuran

Dari sekian banyak web pemerintahan, saya hanya akan fokus menganalisis web dari kementerian riset dan teknlogi. Adapun alamat web nya adalaha www.ristek.go.id .Berdasarkan hasil pengukuruan www.ristek.go.id menggunakan web www.alexa.com adalah sebagai berikut:

kemenristek4a

Gambar 1

berdasarkan gambar 1 maka kita bisa mengetahui bahwa web tersebut labih banyak dikunjungi secara global sebanyak 119.924, sedangngkan di indonesia hanya sebesar 1.692

kemenristek5a

Gambar 2

berdasarkan gambar 2 terlihat grafik kunjungan ke situs tersebut melalui search engine dan juga tabel yang menunjukan kata kunci apa yang sering digunakan untuk mengakses stus tersebut.

kemenristek10a

Gambar 3

Gambar 3 menunjukkan jumlah pengunjung terbesar berdasarkan negara asalnya.

Search Engine

Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.

Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut.

kemenristek9a

Gambar 4

berdasarkan hasil gambar 4, situs http://www.ristek.go,id berada di peringkat teratas google. Hal ini bisa terjadi karena mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browser web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag ).

Web Archiving

Pengarsipan web (web archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.

kemenristek2

Gambar 5

berdasarkan gambar 5 model arsip situs tersebut menggunakan model kategori. Dimana file-file yang ada disimpan berdasarkan kategori tertentu. Hal ini dilakukan untuk memudah kan oengunjung untuk mencari informasi yang diinginkannya secara cepat.

 

Media Sosial

Twitter didirikan pada bulan March 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp dan dilancarkan pada bulan juli di tahun yang sama. Pendiri Twitter ada 3 orang, yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams. Twitter adalah sebuah situs web jejaring sosial yang dimiliki dan di operasikan oleh Twitter Inc, yang memungkinkan untuk mengirim dan membaca pesan singkat yang disebut tweets. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruhdunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Di Amerika, Twitter sangatlah popular bahkan hamper bias disamakan ke populerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan Twitter begitu popular adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangansebuah media social untuk salaing berkomuikasi secara lebih sederhana antar pengguna.

Tampilan web twitter

twitter1

 

Untuk menganalisa twitter dapat kita lihat dari ukuran, search engine dan web archiving dengan menggunakan tool alexa rank. Berikut penjelasannya.

  • Ukuran

twitter2

Berdasarkan analisa alexa rank terbagi atas 2 yaitu global rank atau Negara asal dari website yang ditentukan. Dapat dilihat twitter mendapatkan rank 9 pada global rank, turun sebanyak 1 peringkat dan rank 8 pada UK rank.

 

  • Search engine

twitter3

Selanjutnya akan Alexa rank menampilkan persentase pengunjung situs dengan menggunakan mesin pencari sebanyak 6.60% Tabel diatas menunjukkan kata kunci teratas yang mengirim lalu lintas ke situs ini dari mesin pencari selama 6 bulan terakhir. Daftar ini diperbarui setiap bulan. Disini kata yang sering digunakan adalah twitter dengan sebanyak 5.86%.

 

  • web archiving

web archiving merupakan penyimpanan file – file yang ada dalam suatu web. Dalam web twitter ada beberapa web archiving yakni tweet dan mention. Berikut dapat dilihat tampilan tweet dan mention pada twitter

twitter4

twitter5

 

 

Web Pendidikan

  • Pengenalan

Disini saya akan menganalisa web tentang pendidikan, langsung saja web yang akan saya analisa adalah  w3schools. Seperti yang diketahui w3schools ini adalah sebuah situs web pendidikan yang menyediakan pembelajaran mengenai dasar-dasar web based programming. Situs tersebut dapat diakses dari internet dengan klik http://www.w3schools.com/.

Para pengunjung web ini bisa belajar dengan mudah melalui tutorial yang di sediakan oleh web tersebut termasuk bagi para pemula yang ingin belajar. Diantaranya yang dapat dipelajari adalah :

  • HTML
  • CSS
  • XML
  • JAVASCRIPT
  • ASP
  • PHP
  • SQL

 

  • Ukuran

Untuk lebih lengkapnya mengenai ukuran w3schools, silahkan check this link : http://www.alexa.com/siteinfo/http%3A%2F%2Fwww.w3schools.com

 

  • Search Engine

 

Sebelum saya melanjutkan kenapa w3schools dengan search engine, saya jelaskan terlebih dahulu apa itu search engine dan sejarahnya.

Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).  Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).

pada tahun 1957 presiden Amerika Serikat, Dwight Essien Hower, memerintahkan untuk pembangunan Advenced Research Project Agency (APRA). Dengan merangkul beberapa universitas, akhirnya mereka menciptakan APRAnet yang merupakan bapak moyangnya internet zaman modern. Sejarah search engine diawali dengan adanya temuan internet.

Pada tahun 1960, sejarah search engine berlanjut ketika Ted Nelson menciptakan projek Xanadu dan tiga tahun berikutnya berhasil membuat hiperteks yang berisi hiperlink. Sekarang kita mengenalnya dengan kata link.
Saat awal perkembangan internet tersebut, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini.

Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata “archive” tanpa menggunakan huruf “v”. Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat.

Archie bertugas melakukan pencarian terhadap semua file yang ada dari sebuah daftar direktori. Ia mendownload daftar tersebut, menyimpannya di sebuah lokasi File Transfer Protocol (FTP), dan membuat database dari daftar tersebut. Jadi, Archie yang notabene adalah search engine pertama di dunia berfungsi mencari file di internet, bukan mencari keyword seperti yang kita ketahui sekarang.
Jika program Archie meng-index file komputer, “Gopher” meng-index teks dokumen. Gopher diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill di Universitas Minnesota. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web.

Program yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan pencarian dengan menggunakan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher. Jughead ( Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display ) adalah suatu alat untuk memperoleh menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.

Search engine pada web yang pertama adalah “Wandex”, suatu nowdefunct index yang dikumpulkan oleh World Wide Web Wanderer, suatu Web Crawler yang dikembangkan oleh Matthew Gray lulusan MIT tahun 1993. Pada tahun yang sama, sebuah search engine lainnya keluar yaitu Aliweb, yang saat ini masih ada. Search engine pertama kalinya yang “full text” atau search engine yang hampir semuanya tulisan adalah Web Crawler yang muncul pada tahun 1994. tidak seperti search engine sebelumnya, web crawler yang muncul pada tahun 1994. Tidak seperti search engine sebelumnya, web crawler mengijinkan para pemakai mencari informasi dengan menggunakan kata apa saja pada halaman web mana saja. Inilah yang menjadi standarisasi dari semua search engine yang ada sekarang ini.

Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994. Segera setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan oleh Yahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.

Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian pada tahun 2004, meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya. Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.

Mesin pencari juga dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja, contoh Northern Light sebelumnya diketahui merupakan salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.
Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk protokol atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

SEO (Search Engine Optimization)
SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa SEO yang dibuat oleh w3schools.com untuk menaikan urutan di search engine google berjalan dengan baik sehingga mereka berada pada urutan pertama search engine google.

  • Web Archive

Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang. w3shools.com mempunyai pengarsipan tutorial-tutorial pada webnya agar tetap bisa di pelajari pemrograman webnya di masa mendatang.

Demikianlah pembahasan yang saya lakukan. Jika ada kesalah dan kekurangan mohon dimaafkan. Sekian dari saya.

Nama Kelompok :

1. Kabil Akhbar (54413744)

2. Malifcha Dwi Aina (55413248)

3. Rilo Tri Atmojo (57413708)

Sumber :

http://www.pengertianpengertian.com/2013/10/pengertian-website-pemerintahan.html

http://www.ristek.go.id/

http://bayupriyandika.blogspot.com/2014/10/analisis-web.html

https://panbelog.wordpress.com/2014/01/02/pengembangan-aplikasi-e-government/#more-143

https://id.wikipedia.org/wiki/Pengarsipan_web

http://muhammadyusuf-gunaarma.blogspot.com/2013/05/web-archiving.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter

http://www.alexa.com/siteinfo/twitter.com

https://mauliaspensagres.wordpress.com/tag/sejarah-search-engine/

http://haniftkj2.blogspot.com/2012/03/w3schools-offline.html

http://fastilistianingrum.blogspot.com/

https://jerryolbinson.wordpress.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s